Cara mengurangi CPU usage tinggi pada website dengan basis wordpress

CPU Usage – Seorang penulis / blogger biasanya tidak begitu mengerti mengenai infrastructure website. Mereka hanya konsen pada membuat tulisan dengan baik dan content yang berkualitas dengan memperhatikan SEO. Setelah lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis internet / blogger pastinya pengen membuat website sendiri yang dapat dimanage sendiri tanpa tergantung provider.

Bagi seorang blogger yang memakai domain blogspot.com ataupun .wordpress.com tidak akan khawatir akan permasalahan infrastruktur website seperti domain / server. Akan tetapi jika anda sudah mahir dan mempunyai blog sendiri yang mempunyai brand pastinya anda akan menyewa hosting sendiri  dan domain sendiri agar website anda terlihat komersil dan mempunyai brand.

Setelah itu pengunjung semakin banyak, baru mengerti apa itu shared hosting yang kita sewa. Dan masalah yang sering mengganggu adalah Suspended dari webshosting yang kita sewa.

Suspend itu sendiri memang diberlakukan bagi webshoting agar tidak membebani kinerja server karena dalam satu server dipakai bersama – sama dengan website lainnya. Jika kekuatan server dibatasi pastinya juga kita harus pandai – pandai mengatur resource yang ada di website kita.

Biasanya penyedia hosting itu akan memberikan solusi kepada website kita agar kejadian ini tidak terulang kembali. Seperti hal – hal yang harus dilakukan agar proses tersebut tidak tinggi kembali.

Nah jika anda pernah mendapatkan suspend dengan alasan :

[su_box title=”Suspend Website” box_color=”#29873e”]Website anda menggunakan resource CPU Usage > 100% [/su_box]

baiknya kita optimalisasi website kita yang berbasis wordpress terlebih dahulu dengan mengurangi penggunaan resource website. Caranya yaitu :

Jangan memakai Plugin yang Memberatkan CPU

Banyak tidaknya plugin yang kita install juga sangat mempengaruhi hal ini. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari plugin dengan proses yang berat diantaranya adalah :

Sebagai penggantinya adalah plugin yang ada di dalam kurung tersebut. Jangan menggunakan plugin yang tidak anda inginkan. Minimalisir penggunaan plugin jika hanya dibutuhkan saja. Semakin banyak plugin akan semakin memberatkan CPU usage kita.Gunakan https://wordpress.org/plugins/p3-profiler/ untuk mendeteksi seberapa pengaruh plugin anda di website.

Pasang CloudFare di website

Ecenica CDN (Content Delivery Network) powered by CloudFlare® dapat mengoptimalkan website kita dengan caching ke beberapa server cloudfare secara global dan memberikan akses yang lebih cepat karena dapat mengubah halaman menjadi statis.

Install Cache Plugin

Dengan cache (mengubah halaman menjadi statis) resource cpu akan berkurang secara drastis karena website diubah menjadi halaman statis yang meminimalisir akses ke resource secara langsung. Rekomendasi plugin yang sangat disarankan adalah W3 Total Cache dan WP Super Cache . Statis files / web mengurangi dengan drastis penggunaan CPU.

 

Upgrade Hosting

Jika cara – cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah dan memang beban kerja server anda berat dikarenakan resource yang banyak ataupun pengunjung yang sangat banyak, baiknya anda upgrade hosting anda menjadi VPS sehingga anda akan mempunyai keleluasaan dalam penggunaaan CPU usage.

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.
  • Makasih infonya soal P3 Profiler gan. Bermanfaat banget.

    • mrhands

      Sip 😀