Cara mengatasi laptop / PC yang lemot

Laptop Lemot – Kebanyakan software yang diinstall dalam laptop dapat menyebabkan laptop anda menjadi lemot. Apalagi kapasitas hardisk yang menipis dan RAM anda yang masih kecil membuat semuanya semakin suram. Terus langkah langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop anda yang lemot? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi beban proses pada laptop anda.

  1. Perhatikan Antivirus yang anda pakai Antivirus apa yang anda pakai?
    Apakah memberatkan proses laptop anda? Perlu diperhatikan antivirus dengan proses realltime seperti Norton, McFee, BitDefender dan Kaspersky memakan background proses yang banyak untuk selalu menjaga laptop anda dari virus. Akan tetapi sudah sesuaikah kebutuhan proses antivirus tersebut dengan kapasitas RAM laptop anda. Jika laptop anda masih mempunyai RAM yang kecil maka inilah penyebab dari lemotnya laptop anda. Untuk menjalankan Antivirus yang bagus harus menggunakan RAM yang besar pula disarankan mempunyai RAM > 2 GB.
  2. Matikan semua proses yang tidak berguna
    Proses / Service yang berjalan di background di laptop juga memberatkan laptop anda. Untuk mengecek proses apa saja yang berjalan di laptop anda silahkan masuk ke Windows + R ketik msconfig. Pilih tab dibagian startup. Matikan proses proses startup yang tidak perlu. Kemudian Restart Laptop anda
  3. Tambahkan RAM pada laptop anda
    Ini yang dapat sangat signifikan menambah kecepatan laptop anda yaitu dengan menambahkan RAM pada laptop. Tapi perlu diingat OS yang dipakai kalo lebih dari 2,5 GB harus menggunakan 64 Bit Windows OS. Dan perhatikan juga apakah laptop anda sudah support sampai RAM yang besar. Dengan mengambahkan RAM anda dapat menambah kecepatan laptop anda
  4. Uninstall  Software yang tidak perlu
    Kebanyakan software yang terinstall? Mulailah mencari software apa saja yang tidak perlu kemudian uninstall software yang tidak perlu tersebut.

Itulah beberapa tips untuk mencegah laptop anda tidak lemot. Masih ada banyak cara yang dilakukan misalnya membersihkan laptop anda dari berbagai sampah dengan software Utility seperti TuneUp Utility atau CCleaner. Semoga bermanfaat.

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.