Persaingan Android dan iOS di lini smartphone

Smartphone – Dunia teknologi semakin menarik dengan kehadiran raksasa teknologi seperti Google, Apple, Microsoft, Facebook, Twitter dan masih banyak yang lainnya. Tetapi yang menarik disimak adalah persaingan antara Google dengan Apple yang semakin gencar mengeluarkan produk – produk tandingannya. Mari simak beberapa produk yang dikeluarkan masing – masing.  Kali ini penulis akan mereview bagaimana perbandingan Android dan iOS

Android vs iOS

ios smartphone

iphone 

iOS merupakan Operating System Mobile yang diperkenalkan untuk menyambut iPhone untuk pertama kalinya. iPhone memang ponsel pertama yang anti – mainstream di awal pertama diperkenalkan Steve Jobs pada tahun 2007. Dan berbagai sanjungan pun datang untuk cikal bakal ponsel touch screen ini.

Apple pun melejit dengan iPhone yang merupakan ponsel premium untuk kalangan atas dengan harga yang sangat mahal. Apple pun berhasil mempertahankan brand Apple yang sangat ekslusif dan hanya diperuntukkan untuk kalangan atas.

Apple selalu terdepan dalam hal inovasi termasuk memberikan pengalaman user dalam menggunakan handsetnya. Apple terkenal sangat tertutup terhadap semua informasi yang akan diberikan ke publik sebelum Keynote diselenggarakan.

Apple pun juga berhasil membangun Appstore dimana ini merupakan tempat developer dalam mengais uang melalui Aplikasi mereka. User iOS memang merupakan user yang loyal dan tidak segan untuk membeli apps di Appstore.

android smartphone

android smartphone

Android yang merupakan pesaing iOS muncul pertama kali ke publik dengan desain yang mirip dengan iPhone OS. Namun pengembangannya sudah jauh sebelumnya pada waktu itu memang prototipenya lebih mirip ke blackberry daripada yang sekarang. Akan tetapi melihat tren tersebut Akhirnya Google memperbaikinya dan memperkenalkannya sebagai OS yang Open Source.

Tidak seperti Apple yang memang memonopoli hardware dan Software, Google memberikan Android secara Open source yang artinya dapat digunakan bebas tanpa batas. Dan dari bisnis inilah Google dapat mengembangkan ekosistem dari produknya dari mulai Google Search, Google Mail, Google Drive, Google Maps, dan semua layanan Google hampir pasti di handphone Android ini.

Dari bisnis layanan inilah Google mendapatkan untung luar biasa termasuk penjualan Aplikasi di Google Play. Walaupun kebanyakan aplikasi di Google Play banyak yang gratis akan tetapi penghasilan Google dari mobile apps terutama Admob sangatlah besar.

Melalui model inilah pembuat hardware ponsel juga kebanjiran rejeki sebut saja Samsung yang dulunya bukan apa – apa menjadi raja smartphone Global sekarang. Brand – brand terkenal lainnya pun juga tidak mau kalah seperti LG, Sony, Asus, Acer, HTC, ZTE, Huawei, dan masih banyak yang lain ketiban rejeki menggunakan Android ini. Tidak salah kalau Android berkembang sangat cepat dan menguasai pangsa ponsel sekarang ini.

Tidak seperti Apple yang sangat tertutup, Google blak blakan memberikan informasi mengenai produk yang dikembangkannya sehingga Google dapat memberikan perbaikan dengan cepat dari respon yang diberikan oleh user.

Nah itulah sekedar ulasan singkat bagaimana perkembangan Android vs iOS versi penulis.Akan tetapi berkat persaingan tersebut kita mendapatkan banyak pilihan handset yang keren seperti sekarang ini. So bagaimana tren persaingan ke depan nanti ? mari kita lihat

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.