AIMP, Software Pemutar Musik Handal Banyak Fitur

Ketika berbicara tentang software pemutar musik, kira-kira software apa yang pertama kali terbayang dipikiran Anda? Apakah WinAmp, Windows Media Player, VLC, Foobar, ataukah softwware pemutar musik lain? Ya, banyak sekali software pemutar musik yang dapat kita gunakan. Setiap orang pasti memiliki software favoritnya sendiri.

Nah, Lawatek kali ini akan membahas mengenai salah satu software pemutar musik yang ringan, berkualitas bagus, dah memiliki banyak fitur, pemutar musik tersebut adalah AIMP.

Jika Anda pernah menggunakan AIMP, barangkali tidak ragu lagi dengan performanya. Jika dilihat sekilas, AIMP memiliki tampilan seperti WinAmp. Tetapi jika berbicara tampilan, AIMP terdapat plugin untuk menambahkan atau mengubah skin yang dimilikinya.

AIMP, Software Pemutar Musik Handal Banyak Fitur

Apa saja fitur-fitur AIMP? Sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai software pemutar musik, berikut ini adalah fitur yang dimiliki AIMP.

Equalizer – seperti halnya pemutar musik yang lain, AIMP memiliki Equalizer yang membuat Anda dapat mengatur output sesuai dengan musik yang Anda dengarkan. Jika Anda tidak paham dengan Equalizer, di AIMP juga terdapat “preset” yang memuat template-template Equalizer seperti Bass, Treble, Rock, Full Bass and Treble, dan masih banyak lagi.

Playlist – AIMP mendukung pengelompokan file-file musik dalam suatu playlist. Playlist ini dapat disimpan sehingga Anda dapat memiliki banyak playlist tanpa harus khawatir kehilangan daftar playlist tersebut.

Fitur Add-Remove File – Kita dapat menambahkan file secara manual satu persatu, ataupun menambahkannya dari banyak direktori/folder sekaligus. Ini pasti memudahkan kita untuk menambahkan musik ke dalam playlist dimanapun letak file musik kita di dalam folder. Untuk remove file, kita bisa menghapus dengan beberapa kondisi, misalnya hanya menghapus file di playlist yang file musiknya sudah tidak ada di harddisk kita saja. Kita juga bisa menghapus duplikat file musik di dalam suatu playlist.

Search – Ini barangkali fitur yang sangat penting. Fitur search ini dapat digunakan pada suatu playlist. Bayangkan jika file musik Anda sangat banyak, pasti tidak mungkin scrolling sedikit demi sedikit untuk mencari file musik. Ya, kita cukup gunakan fungsi search yang ada pada AIMP ini.

Sorting file – Di dalam playlist, kita bisa melakukan sorting dengan kategori tertentu. Misalnya sorting berdasarkan Judul/Title, Artist, durasi, ataupun berdasarkan Folder.

aimp

AIMP

Ganti bahasa – AIMP mendukung berbagai bahasa, jika Anda tidak bisa bahasa Inggris, Anda bisa menggantinya dengan bahasa Indonesia.

Scheduler – AIMP memiliki fitur Shutdown otomatis dan Alarm, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika mendengarkan musik dan ketiduran. Cukup setel jam berapa atau berapa jam lagi komputer harus mati melalui fitur scheduler yang ada di AIMP.

Skins – Agar tidak bosan dengan tampilan default AIMP, kita bisa mengganti skins AIMP. Ada dua skins bawaan dari AIMP, yaitu Pandemic dan Pandemic All in One Simple. Di masing-masing skins itu, kita bisa mengatur warna yang kita inginkan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan skins sendiri. Silakan cari di website AIMP.

Visualization – Di AIMP juga ada fitur visualization.

Tray Control – Fitur Tray Control membuat AIMP ketika diminimize akan masuk ke deretan Toolbars.

Nah, lumayan banyak kan fitur yang dimiliki AIMP. Selain fitur yang kami sebutkan di atas, masih banyak fitur yang ada pada AIMP ini. Silakan coba menggunakan dan mengeksplornya sendiri.

Semoga bermanfaat.

Seorang programmer, developer dan desainer. Pernah mengembangkan aplikasi baik di desktop, mobile, maupun web. Tertarik dengan perkembangan IT terkini. Saat ini menulis di Lawatek dan Azuharu ~ Another Dream