Cara memperbaiki baterai laptop yang rusak (plugged in not charging)

Baterai – Pernahkah anda mengalami kerusakan baterai laptop anda? Pastinya sangat kesal melihat laptop sendiri tidak dapat bertahan lama dengan menggunakan beterai?

Cara memperbaiki baterai laptop memang berbeda beda tergantung kerusakan yang anda alami. Seperti yang penulis alami beberapa hari ini laptop dalam kondisi yang baik serta baterai yang belum lama tiba – tiba baterai tidak mau mengecharge dengan tulisan

“Plugged in Not Charging”

Dan ini terjadi berkelanjutan dengan angka charge paling banyak di sekitar 50% dan berhenti mengecharge. Setelah beberapa hari mencari solusi akhirnya ada beberapa opsi penyelesaian apabila anda mengalami hal ini. Untuk mengatasinya anda dapat mencoba trik berikut :

  1. Shutdown windows anda
  2. Cabut adapter charge laptop anda
  3. Lepaskan baterai laptop
  4. Kemudian hidupkan kembali laptop dengan adapter AC laptop
  5. Setelah masuk ke Windows masuk ke Device Manager caranya ketik di start kemudian ketik “Device Manager” atau masuk ke Control Panel cari Device manager
  6. Masuk ke bagian tab baterai cari  ”Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery”
  7. Klik kanan kemudian uninstall semua driver dengan nama tersebut
  8. Shutdown laptop anda
  9. Kemudian lepaskan charger
  10. Masukan baterai ke laptop lagi
  11. Kemudian colokkan adapter PC anda lagi
  12. Hidupkan laptop dan hidupkan

Laptop anda akan mencharging kembali jika anda berhasil melakukan tahapan ini. Tetapi jika anda “Gagal” anda bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan mengulangi langkah dari no 1 kembali kemudian di antara nomor 9 dan 10 coba tekan power laptop anda dengan menahan sekitar 30-60 detik untuk menghilangkan power yang masih tersisa kemudian lanjutkan kembali langkah tersebut.

Semoga berhasil.

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.