Flappy Bird: Kronologi game paling fenomenal dalam bentuk infografis

Masih ingat dengan game Flappy Bird? Apakah game tersebut masih terinstall di smartphone Anda? Atau malah sudah anda hapus sejak Anda jengkel dan ‘gregetan’ memainkannya? Yang jelas, fenomena game ini begitu luar biasa yang memunculkan banyak data dan fakta menarik yang ditampilkan dalam bentuk infografis.

Flappy Bird, game yang dibuat hanya oleh satu orang saja mampu masuk jajaran puncak di toko aplikasi di lebih dari seratus negara di dunia dengan jumlah download paling banyak dalam sejarahnya. Mungkin karena game ini terlihat simple, berbeda dengan game biasanya, dan mudah dipelajari dengan berbekal ‘tap-tap-tap’ pada layar smartphone serta kemampuan pengguna untuk bisa mendapatkan skor tinggi sehingga awalnya terlihat menarik dan membuat pengguna ingin mencoba kembali (addictive). Namun, yang terjadi mungkin tidak selalu demikian karena ada juga pengguna yang merasa frustasi karena susah melewati hadangan pipa.

Keberhasilan Flappy Bird ini memunculkan banyak sekali tanggapan, seperti tanggapan bahwa game ini yang memakai ‘bots’ untuk menjalankannya, tanggapan bahwa terjadi kesalahan dalam design yang mirip dengan game Super Mario, ataupun tanggapan bahwa game ini cuma ingin cari ‘sensasi’.

Akhirnya, game ini pun sampai pada klimaksnya ketika banyak sekali tayangan, komentar kemarahan, dan juga tanggapan dari para penggunanya yang membuat pencipta Flappy Bird, Don Nguyen akhirnya menutup game ini pada 8 Februari 2014 melalui akun Twitternya.

Kronologi game Flappy Bird dalam bentuk Infografis

Untuk melihat bagaimana perjalanan Flappy Bird sampai menjadi game paling fenomenal dalam sejarah game, berikut ini infografis berjudul “Flappy Bird: A Legend in Its Own Time” yang kiranya menarik untuk disimak.

flappy-bird-infographic

Infografis game Flappy Bird

Sumber: Startapp dan Socialmediatoday

Baca kembali:

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2012 - Angkatan 50. Menyukai dunia tulis menulis seputar IT, walaupun belum ada buku yang terbit. Freelancer untuk Web Development. Blogger di AbouTeguh. Kontak bisa ke Twitter: @dekteguh atau Email: dekteguh@gmail.com