Bagaimana persaingan industri gadget ke depan?

Nokia dengan slogan connecting people sekarang sudah tidak punya lagi taji untuk mengalahkan kedigjayaan Android dan iOS. Mereka yang dulunya sangat kuat di bisnis ponsel sekarang terpuruk bahkan harus diakuisisi Microsoft yang merupakan partner dalam jalinan kerja sama Operating System Windows Phone.

nokia connecting

Banyak produk yang telah dikeluarkan Nokia yang sangat populer di tahun 2000an. Sebut saja ponsel seperti Nokia N-Gage, Nokia 6600, Nokia 5310, Nokia 7610 dan masih banyak ponsel terkenal lainnya. Nokia juga terkenal dengan produk produknya yang sangat inovatif dengan ponsel yang berbentuk macem macem mulai kotak, lonjong sampai dikususkan untuk game seperti N-Gage.

Tetapi sekarang karena gempuran Handphone Android dan iPhone yang sangat meluas pangsa pasarnya semakin digerogoti. Seperti awalnya Samsung dulu yang bukan siapa – siapa di pemain industri ponsel sekarang menjadi raksasa Teknologi di Smartphone berkat produk jajaran Smartphone Galaxynya.

samsung

Sekarang dimana – mana orang menggunakan Samsung. Brand samsung telah mencapai valuasi paling tinggi dalam sejarah berkat produk Smartphone mereka berhasil melenggang di berbagai negara. Brand yang dulu disabet oleh Nokia sebagai ponsel sejuta umat telah berpindah tangan ke Samsung yang menduduki peringkat pertama penjualan Smartphone di seluruh dunia.

Nokia memang telah berjuang dengan terobosan baru dengan menggandalkan Nokia Lumia dalam persaingan Smartphone. Berbagai cara telah ditempuh seperti iklan yang besar serta dukungan dari Microsoft belum juga membuahkan hasil. Dan akhirnya sekarang nama Nokia untuk divisi Mobile telah berpindah ke Microsoft. Sebentar lagi brand tersebut akan berganti ke Microsoft.

Mungkin kalau Nokia tidak bersi kekeuh untuk menggunakan Windows Phone dan mau menggunakan Android mungkin bisa beda cerita lagi. Tetapi CEO dari Nokia Stephen Elop merupakan jebolan orang Microsoft yang pastinya akan mengandalkan produk yang ekslusif hasil kerjasama dengan Microsoft.

 

Kurang bersinarnya Windows Phone mungkin karena kehadirannya dinilai terlambat dan masyarakat telah mendapatkan apa yang mereka mau dari iPhone dan Android. Ekosistem aplikasi juga yang kurang banyak di Windows Store masih dinilai kurang menarik minat sejumlah pengguna. Bahkan Microsoft harus merayu berbagai aplikasi populer di Android dan iOS untuk hadir di platform Windows Phone.

Seiring dengan persaingan OS Mobile Smartphone pun juga banyak pendatang baru yang unjuk gigi untuk meramaikan industri Mobile di antaranya Tizen, Firefox OS, SailFish, dan Ubuntu masuk dalam dunia mobile. Bisa kita banyangkan nantinya kita dapat memilih banyak OS dalam Smartphone kita.

Dengan adanya berbagai operating system ini bisa saja kita nanti punya OS mobile lebih dari 1 dalam satu handset. Misalnya Ubuntu dengan Android, Tizen atau yang lainnya. Pastinya semakin seru pengalaman menggunakan handphone kita dengan berbagai pilihan yang ada di masyarakat. Bahkan prototipe ponsel Motorola yang telah dirumorkan kita nantinya bisa memperlakukan smartphone kita seperti menggunakan PC. Jadi kita bisa mengganti perangkat hardware kita sesuai keinginan kita. Hmm pastinya semakin menarik bukan?

Bagaimana Trend Smartphone mobile di masa mendatang terutama di tahun 2014 ini? Pastinya kita akan disuguhkan dengan teknologi baru seperti layar flexiel dari Samsung ataupun rumor iWatch yang santer dikabarkan akan segera dirilis di tahun ini? Dan kapan Google Glass akan menggempar seluruh masyarakat di dunia? Kita tunggu saja kehadirannya di tahun – tahun mendatang.

 

 

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.