Jenis jenis tipe layar smartphone dan handphone

Layar Handphone – Pernahkah anda mendengar teknologi yang disematkan dari tiap smartphone yang lagi nge-trend saat ini. Seperti Retina Display dari iPhone, Super AMOLED dari Samsung dan masih banyak yang lainnya. Mari kita bahas satu per satu jenis jenis dari tipe layar smartphone yang ada sekarang ini. Dikutip dari detikinet dan sumber lain ada beberapa tipe layar smartphone dan handphone :

Layar Monochrome (monokrom/hitam-putih)

Layar ini terlihat sangat jelas di handphone – handphone lama yang hanya hitam putih. Walaupun sangat jadul tetapi ada satu kelebihan dari layar ini yaitu ketahanan konsumsi daya yang dapat menghemat baterai handphone.

Passive-Matrix Color Display

Layar berwarna yang merupakan pengembangan awal dari layar monochrome ini juga sempat populer di masa jaman hp nokia dulu.

LCD (Liquid Crystal Display)

Layar tipe ini sudah sangat umum digunakan di berbagai macam alat elektronik yaitu monitor komputer, Televisi dan yang pasti adalah Handphone. Layar ini memang tergolong bagus di masanya dengan rendering warna yang menarik tetapi di bawah sinar matahari layar jenis ini akan terlihat memudar.

TFT LCD (Thin Film Transistor Liquid Crystal Display)

Layar TFT sering disebut juga active-matrix LCD. Layar ini dapat menampilkan gambar yang kaya warna tapi mahal. Dan permukaannya sensitif terhadap sentuhan. Selain itu layar ini tidak cocok untuk tampilan yang eksak seperti misalnya untuk CAD. Kualitas dari TFT LCD ini bervariasi tergantung dari masing masing device. Salah satu produk yang memakai layar ini adalah Google Nexus 7.

IPS (In Plane Switching)

IPS merupakan produk pengembangan dari LCD yang mempunyai berbagai kelebihan seperti menampilkan warna akurat dan konsisten dari berbagai sudut penglihatan tanpa adanya blur. LG G2 adalah salah satunya produk yang memakai layar jenis ini.

Retina Display

Layar ini menjadi fenomenal semenjak Apple memperkenalkan layar jenis ini di berbagai produk Apple seperti iPhone, iPad. Layar ini mempunyai kepadatan layar yang sangat tinggi sehingga dengan mata tidak akan terlihat dengan jelas perbedaan pixel yang kentara di layar jenis ini. Layar jenis ini mampu menghasilkan sampai 1,136×640 pixel resolution.

OLED (Organic Light Emitting Diode)

Layar ini tidak membutuhkan backlight yang dapat menekan penggunaan daya dan menghasilkan warna hitam yang lebih tajam dari biasanya. OLED menghasilkan  warna yang tajam, sudut penglihatan lebih luas, peningkatan brightness dan konsumsi daya lebih efisien.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Pengembangan dari layar OLED ini memang menjadi produk andalan Samsung yang disematkan ke smartphone terbaik mereka. Kelebihan dari layar jenis ini adalah rasio kontras tinggi dan lebih efisien dalam konsumsi dayanya.

Super LCD

Sebagai pengembangan dari LCD, S LCD tidak memiliki gap udara antara lapisan luar dengan elemen layar bagian dalam. S LCD juga lebih efisian konsumsi dayanya dibandingkan beberapa jenis layar LCD yang lain.

ClearBack

Nokia sebagai basis pengembangan layar ini, dan memiliki  kemampuan superior di luar ruangan, alias mudah terbaca meskipun diterpa sinar matahari.

Teknologi addict, Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Angkatan 49. Suka berbagi ilmu tentang teknologi Informasi contact at:viyanatmail@gmail.com.