Menjelaskan data, informasi, atau pengetahuan secara visual dalam bentuk infografis

Menjelaskan data, informasi, atau pengetahuan dalam bentuk teks, kata-kata, atau pun grafik mungkin sering anda lihat dan dengar, misalkan dalam seminar, workshop, talkshow, atau meetup. Mungkin ada dari anda yang merasa jenuh, bosan, atau pun tidak merespon apa yang disampaikan oleh pemateri. Saya juga sering mengalami hal seperti itu, bisa dari materi yang ditampilkan atau pemateri sendiri.

Namun, dari kedua hal tersebut, kebanyakan dari apa yang saya alami, lebih kepada bagaimana suatu materi akan ditampilkan untuk audiens. Kadangkala saya melihat tulisan yang terlalu kecil, padat, rapat, ataupun pemilihan font yang kurang tepat. Ada juga tampilan grafik yang kadang membuat saya harus berfikir dahulu maksudnya apa. Ada juga misalkan pengertian suatu informasi atau hasil analisis, dijelaskan secara panjang lebar dalam bentuk tulisan. Mungkin ada juga yang sudah terbiasa dan tidak mempermasalahkan. Tapi, saya berfikiran bahwa kenapa hal tersebut tidak dibungkus saja dengan sesuatu yang menarik supaya ketika audiens melihatnya, mereka akan langsung berkata: “oohh…gitu”, “a-ha”, “yup, bener banget”, atau ekspresi lain yang membuat mereka langsung mengerti.

Data, informasi, atau pengetahuan dalam bentuk infografis

Salah satu cara yang coba ingin saya sampaikan kepada anda adalah bagaimana suatu data, informasi, atau pengetahuan yang anda punya ditampilkan dalam bentuk infografis.

Infografis (infographicsinformation graphics), merupakan bentuk penjelasan secara visual dari suatu data, informasi, atau pengetahuan. Infografis ini merupakan alat visual yang sangat baik untuk menjelaskan data, apalagi dalam jumlah yang besar, dan sangat kompleks.

Berikut ini adalah penjelasan dari Rick Mans, bagaimana infografis mempermudh proses berkomunikasi dengan informasi yang ada.

Menjelaskan data, informasi, atau pengetahuan secara visual dalam bentuk infografis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana infografis di atas? Menarik? Mudah untuk dimengerti? Anda sendiri yang bisa menilainya.

Bagaimana cara membuat infografis?

Ya, mungkin ada yang bertanya sama seperti sub judul di atas. Bagaimana cara membuatnya? Karena bentuknya yang grafis, tentunya butuh orang dengan kemampuan desain grafis yang bagus, orang yang memiliki kemampuan menciptakan dampak visual yang kuat bagaimana bisa menyatukan desain dengan informasi dengan baik.

Merangkum dari apa yang saya sampaikan di atas bahwa menjelaskan data, informasi, atau pengetahuan itu tidak hanya dengan menggunakan teks atau pun kata-kata. Tetapi juga anda bisa menjelaskannya secara visual dalam bentuk infografis. Bentuk infografis memudahkan audiens dalam menangkap informasi yang ingin disampaikan oleh pemateri. Namun, butuh effort yang lebih untuk membuatnya.

Bagaimanapun juga, infografis merupakan jalan alternatif yang dapat anda tempuh agar audiens dapat dengan mudah menangkap apa yang ingin anda sampaikan.

Untuk informasi berikutnya, akan saya sampaikan juga  bahwa ada tools yang dapat membantu anda dalam merealisasikan infografis. Tentunya simak dan ikuti terus artikel dari saya seputar infografis.

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2012 - Angkatan 50. Menyukai dunia tulis menulis seputar IT, walaupun belum ada buku yang terbit. Freelancer untuk Web Development. Blogger di AbouTeguh. Kontak bisa ke Twitter: @dekteguh atau Email: dekteguh@gmail.com