Haruskah Kita Membuat Website Menggunakan CodeIgniter?

Lawatek – Judul artikel ini pastinya sedikit aneh hehe. Haruskah kita membuat website menggunakan CodeIgniter? Lho memang kenapa dengan CodeIgniter?

CodeIgniter atau yang biasa disingkat CI (ce’i) adalah salah satu framework PHP yang sangat terkenal. Membuat website dengan berbagai fitur akan terasa lebih mudah jika menggunakan framework yang satu ini, karena selain codenya mudah dipahami, dokumentasinya juga sangat bagus.

Ya, bagi yang belum tahu, CodeIgniter sekarang sudah tidak dikembangkan lagi. Saat ini, CodeIgniter telah dimiliki oleh Ellislab yang merupakan perusahaan pengembangan software di Amerika Serikat.

Haruskah Kita Membuat Website menggunakan CodeIgniter?

Sekarang kita kembali lagi ke pertanyaan, haruskah kita membuat website menggunakan CodeIgniter? Jika kita lihat di negara kita, yaitu Indonesia, framework yang satu ini malah seakan-akan baru dikenal oleh masyarakat. Terbukti dari perkataan seorang kenalan saya yang secara tidak langsung menyebutkan bahwa aplikasi website yang bagus adalah yang dibangun dengan CodeIgniter. Ya, memang benar, tetapi masih banyak framework lain yang juga handal digunakan dalam pengembangan website dan masih dikembangkan sampai sekarang. Mungkin dia taunya CodeIgniter doank hehe.

Nah, berikut ini ada beberapa pertimbangan apakah kita harus tetap di CodeIgniter, atau beralih mempelajari framework lainnya.

haruskah kita membuat website menggunakan codeigniter?

Logo CodeIgniter

Pertimbangan Versi PHP

CodeIgniter dibangun di atas PHP versi 4 sampai 5.2. Padahal, saat ini PHP telah sampai pada versi 5.5, Artinya, jika kita menggunakan PHP versi terbaru, ada kemungkinan fungsi-fungsi pada CodeIgniter yang tidak berjalan dengan baik kedepannya. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan cara, kita mengubah sendiri codebase dari CodeIgniter, tetapi hal itu akan membuat code aplikasi kita tidak terstandarisasi dengan baik.

Pertimbangan Kemudahan Framework

Menambahkan pernyataan di awal, CodeIgniter adalah framework yang sangat bagus untuk digunakan, terutama sebagai pembelajaran awal seseorang yang baru mengenal framework PHP. Hal ini karena banyak sekali tutorial-tutorial CodeIgniter baik di media cetak, maupun di internet. Ditambah lagi, dokumentasi dari CodeIgniter yang mudah dipahami juga menambah kemudahan dalam penggunaan framework tersebut.

Pertimbangan Lingkungan Tempat Bekerja

Pertimbangan yang satu ini tentunya sangat penting. Misalnya saja, sistem informasi perusahaan tempat kita bekerja menggunakan framework CodeIgniter. Jika perusahaan tetap menghendaki penggunaan framework tersebut, ya kita tetap harus menggunakannya.

Pertimbangan Framework Lain

Setiap framework pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga CodeIgniter. Diluar CodeIgniter, masih banyak framework lain yang sampai saat ini masih dikembangkan. Perlu juga kita ingat bahwa sebagai seseorang yang terjun di dunia IT dan pemrograman, kurang baik rasanya jika bersikap fanatis terhadap suatu teknologi. Sesuatu yang lama pasti akan tergantikan dengan yang baru. Begitu juga bahasa pemrograman dan framework.

Kesimpulan

Jadi kembali lagi kepada kita sebagai developer apakah masih menggunakan CodeIgniter, atau memilih menggunakan framework lain dalam membangun aplikasi web. Setiap orang tentunya punya pendirian masing-masing tergantung dari environment mereka berada.

Saya sendiri juga pengguna framework CodeIgniter. CodeIgniter adalah framework PHP pertama yang saya gunakan.  Meskipun saat ini CodeIgniter sudah tidak dikembangkan, tetapi saya yakin bahwa kemudahan yang ada pada CodeIgniter tetap dapat dimanfaatkan.

Sekian tulisan singkat ini, silakan berkomentar yang baik di kotak komentar. Semoga bermanfaat.

Seorang programmer, developer dan desainer. Pernah mengembangkan aplikasi baik di desktop, mobile, maupun web. Tertarik dengan perkembangan IT terkini. Saat ini menulis di Lawatek dan Azuharu ~ Another Dream
  • Benar dan setuju jika Framework apapun menurut saya disesuaikan dengan kebutuhan juga. Apakah jika 2 tahun kedepan framework tersebut akan mudah migrasi atau update? dalam pembuatan sebuah website memakai framework saya rasa hal-hal semacam itu perlu dipertimbangkan. Sekarang memang lagi musim rails framework dari ruby, tapi apapun frameworknya jika sesuai dengan kebutuhan akan sangat berguna dalam pembuatan webiste. Thanks for sharing.