Integrasi Dropbox dan Google Drive ke Office 2013

Integrasi Dropbox dan Google Drive РJika anda menggunakan Office 2013, di dalamnya sudah ada tempat penyimpanan berbasis cloud service yang terintegrasi yaitu Skydrive. Dengan menggunakan Skydrive tersebut, anda dapat menyimpan atau pun mengedit file tanpa terjadi konflik apabila lebih dari seorang melakukan perubahan suatu file.

Namun, tidak sedikit juga dari teman-teman anda menggunakan tempat penyimpanan lain, seperti Dropbox dan Google Drive. Anda juga biasanya diminta untuk mengedit suatu file dari tempat penyimpanan tersebut. Lantas, bagaimana jika anda melakukan editingnya di Office 2013 ? Anda dapat mengeditnya dengan melakukan integrasi Dropbox dan Google Drive ke Office 2013.

Integrasi Dropbox dan Google Drive ke Office 2013

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload dan menginstall aplikasi client Dropbox dan Google Drive di komputer anda. Jika anda belum memiliki akun, anda dapat membuatnya pada alamat berikut.

Integrasi Dropbox

Untuk melakukan integrasi, anda harus mendownload file ekstensi .bat berikut ini.

http://db.tt/nQhQ3SEe

Setelah anda download, buka file tersebut sebagai administrator seperti pada gambar berikut.

integrasi dropbox

Selanjutnya, anda akan diminta untuk menekan sembarang tombol, lakukan.

integrasi dropbox ke office 2013

Kemudian, anda harus memasukkan alamat dari Dropbox anda sesuai format yang disediakan, yaitu

C:\Users\Username\Dropbox

 

integrasi google drive

Setelah itu, tekan Enter maka proses integrasi berjalan. Apabila integrasi sukses, maka akan muncul pesan berikut.

integrasi google drive ke office 2013

Integrasi Google Drive

Untuk melakukan integrasi Google Drive, caranya tidak berbeda jauh dengan integrasi Dropbox. Namun, file ekstensi .bat anda harus download terlebih dahulu pada alamat berikut.

http://db.tt/FMLI5ewz

Cara selanjutnya sama dengan integrasi Dropbox, hanya pada saat memasukkan alamat dari Google Drive, formatnya adalah sebagai berikut.

C:\Users\Username\Google Drive

Ketika semua sudah proses di atas dilakukan, maka anda dapat membuka salah satu aplikasi Office 2013, misalkan Word.

Pilih Blank document, kemudian pada bagian atas terdapat menubar dari Word, pilih menu “FILE”. Saya membuka bagian “Open”. Jika anda memilih Add a Place, maka Dropbox dan Google yang telah terintegrasi sudah ada.

dropbox dan google drive

Kemudian, anda tinggal menambahkan aplikasi tersebut ke dalam Office 2013.

integrasi dropbox dan google drive ke office 2013

Dengan integrasi yang sudah dilakukan di atas, anda dapat dengan mudah melakukan editing file melalui Office 2013. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2012 - Angkatan 50. Menyukai dunia tulis menulis seputar IT, walaupun belum ada buku yang terbit. Freelancer untuk Web Development. Blogger di AbouTeguh. Kontak bisa ke Twitter: @dekteguh atau Email: dekteguh@gmail.com