Browser alternatif turunan dari Google Chrome

Google Chrome РAnda sudah pasti tidak asing lagi mendengar browser Google Chrome. Browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat kita akses dengan mudah, cepat, dan tentunya aman. Google Chrome ini dikembangkan oleh Google  dengan menggunakan project Chromium yang bersifat open-source. Karena sifatnya yang open-source, maka tiap orang pasti bisa mengambil source code Chromium untuk kemudian memodifikasinya dan membuat browser sendiri.

browser turunan

Karena berasal dari core Google Chrome, maka browser-browser yang dikembangkan merupakan turunan dari Google Chrome. Browser tersebut tentunya menjadi alternatif bagi pengguna karena masing-masing memiliki fokus berbeda-beda. Ada browser yang fokus pada keamanan (security), media sosial (social media), privasi (privacy), fitur tambahan (additional features), dan portabilitas (portability).

Browser Alternatif

Berikut ini adalah browser turunan dari Google Chrome yang berhasil saya himpun.

1. Comodo Dragon

Comodo Dragon dikembangkan oleh Comodo, yang juga mengembangkan Internet Security, firewall, dan antivirus application. Comodo Dragon ini fokus pada security dan privacy. Selain itu, browser ini juga menambahkan fitur privacy. Alamat web yang mengandung virus atau sejenisnya bisa kita hindari dengan browser ini sehingga kemanapun anda melakukan browsing, browser ini membantu anda tetap aman.

Anda dapat mengunduhnya pada alamat berikut.

http://www.comodo.com/home/browsers-toolbars/browser.php

2. Yandex

Yandex adalah browser yang terbilang simple dan mudah untuk digunakan. Browser ini memiliki fitur Turbo yang membuat loading halaman web begitu cepat. Untuk mengunduhnya, anda dapat berkunjung ke alamat berikut.

http://browser.yandex.com/

3. SRWare Iron

SRWare Iron, dikatakan dalam situsnya, merupakan browser masa depan, dimana browser ini mengedepankan optimasi privacy dan security. Untuk mencobanya, and dapat berkunjung ke alamat web berikut.

http://www.srware.net/en/software_srware_iron_download.php

4. Cool Novo

CoolNovo, pada awalnya saya mencarinya dengan kata “ChromePlus”, namun yang muncul adalah CoolNovo. Ternyata, bentuk awal dari CoolNovo adalah ChromePlus. Browser ini menambahkan beberapa fitur, seperti mouse gesture, super drag, IE tab, dan lainnya. Browser ini juga menjamin tidak adanya malware dan juga proteksi terhadap data kita.

Anda dapat mencobanya pada alamat web berikut.

http://coolnovo.com/?hl=en

5. Google Chrome Portable

Official dari Google Chrome memang tidak membuat Google Chrome versi portable, namun para developer juga memberi alternatif dengan membuatnya ke dalam bentuk portable, yang mana anda dapat menginstall-nya pada USB Flashdisk.

Untuk mencobanya, anda dapat mengunduhnya pada alamat web berikut.

http://portableapps.com/apps/internet/google_chrome_portable

Dari beberapa browser turunan dari Google Chrome di atas, tentunya menjadi browser alternatif bagi anda yang ingin terjun lebih dalam lagi, mengenal lebih dalam lagi mengenai browser turunan Google Chrome.

Namun, jika anda tertarik untuk membuat browser turunan Google Chrome dengan fitur yang ingin anda kostumisasi sendiri, anda bisa berkunjung ke Chromium Developer untuk segera men-develop. Siapa tahu, browser yang anda develop lebih baik dari Google Chrome.

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2012 - Angkatan 50. Menyukai dunia tulis menulis seputar IT, walaupun belum ada buku yang terbit. Freelancer untuk Web Development. Blogger di AbouTeguh. Kontak bisa ke Twitter: @dekteguh atau Email: dekteguh@gmail.com