Wordament – Game olah kata dalam dua menit

Wordament – Anda sedang suntuk, galau, atau merasa sendirian di kamar? Banyak di antara anda yang mungkin mengisinya dengan bermain handphone/smartphone atau PC/komputer. Aplikasi seperti Facebook, Twitter, WhatsApp anda lahap agar rasa suntuk, galau, atau sendirian menjadi hilang. Tapi, banyak juga yang menggunakan handphone/smartphone atau PC/komputer untuk bermain game.

Game

Bukan rahasia lagi jika game telah menjadi bagian dari fenomena. Ada yang menganggapnya positif maupun negatif. Terlepas dari itu, saya juga kadangkala bermain game untuk mengisi waktu luang walau intensitasnya sangat kurang karena komputer saya memiliki spesifikasi yang tidak ‘wah’. 🙂

Dari sekian banyak game yang ada, ada satu game yang membuat saya terkesan karena game ini bagi saya membantu terutama dalam mengumpulkan kosakata bahasa. Game ini bernama Wordament.

Wordament

Wordament adalah game kata yang unik dan addictive, dimana dalam dua menit anda harus menyusun banyak kata, game ini bersifat online, dikompetisikan secara real time, melawan banyak orang yang juga memainkan papan kata yang sama. Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda yang kemudian jika kita menyusunnya dengan benar, nilainya akan ditambahkan. Setelah selesai dua menit, kita akan bisa melihat ranking dari ratusan orang yang bermain.

Permainan ini hampir sama dengan Scrabble yang juga setiap huruf punya nilai berbeda yang kemudian merangkainya menjadi suatu kata. Namun, perbedaan mencolok terletak pada ukuran papan yang hanya 4×4, jumlah huruf juga hanya 16/17 buah yang terpasang di setiap cell papan, dan papan tersebut dapat kita putar.

Download

Aplikasi ini tersedia di:

1. IOS Device.

https://itunes.apple.com/us/app/wordament/id580935508?mt=8

2. Windows Phone

http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/wordament/c62201b4-e059-e011-854c-00237de2db9e

3. Windows 8

http://apps.microsoft.com/windows/en-us/app/wordament/9c10bc10-75bf-41e3-a26a-01aba908af85

Wordament for Windows 8

Dari ketiga device tersebut, saya bisa mencobanya di Windows 8 karena free.

Anda harus ke windows store terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasi tersebut kemudian meng-install-nya.

Setelah anda selesai meng-install, kemudian buka aplikasi tersebut.

Pertama kali muncul adalah halaman di atas, bisa baca sebentar untuk petunjuknya, kemudian pada mouse swap NEXT.

Gambar di atas adalah petunjuk untuk menemukan kata-kata yang ada pada papan (board) berukuran 4×4 dengan huruf tertera di tiap cell papan. Arahnya bisa bermacam-macam, tinggal bagaimana kejelian mata kita mendapatkan kata-kata tersebut.

Karena aplikasi ini berada dalam XBox, anda harus Sign In terlebih dahulu, bisa lakukan registrasi ke

http://www.xbox.com/en-US/

baru kemudian Sign In.

Jika anda sudah Sign In, maka anda akan masuk ke halaman berikut.

Di sini, anda dapat melihat ranking anda selama bermain dari awal sampai saat ini (Leaderboards), Anda juga dapat melihat penghargaan apa saja yang sudah anda pernah raih (Achievements), Anda juga dapat melihat beberapa musuh anda yang pernah anda kalahkan (Freenemies), Anda juga dapat melakukan pengaturan pada bahasa yang akan dipergunakan untuk game ini. Saat ini, baru beberapa bahasa yang ada, saya gunakan bahasa Inggris supaya tahu kosakata bahasa Inggris.

Jika anda ingin langsung bermain, anda bisa swap PLAY.

Gambar di atas adalah game yang saya sedang mainkan. Saya baru menemukan kata HUN, PERM, PEAR, PAR, PIPE. Ayo, kata apa lagi yang anda ketahui dari huruf-huruf di atas? 🙂

Hasil yang bisa saya raih adalah peringkat ke-648 dari 775 peserta (menyedihkan).

Dari game ini, mungkin ada yang merasa game ini rumit atau mudah, tapi game ini bisa jadi salah satu solusi bagi anda untuk mengisi waktu luang anda, menemukan banyak kosakata baru bahasa Inggris sebagai tambahan anda nantinya untuk belajar.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2012 - Angkatan 50. Menyukai dunia tulis menulis seputar IT, walaupun belum ada buku yang terbit. Freelancer untuk Web Development. Blogger di AbouTeguh. Kontak bisa ke Twitter: @dekteguh atau Email: dekteguh@gmail.com